Monday, November 17, 2014

Piodalan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Anak Gianyar di Karangasem

Jumat (7/4) Lapas Anak Klas IIB Gianyar yang terletak di Kabupaten Karangasem mengadakan acara Piodalan Purnama Kelima Pura yang terletak di dalam Lapas Anak Gianyar jatuh pada hari itu. Kesempatan yang baik ini dimanfaatkan oleh Haryoto, Kepala Lapas yang menjabat sejak 22 Oktober 2014. “Untuk mempererat tali silaturahmi dengan pegawai dan keluarganya,” kata Haryoto.


Dipimpin oleh seorang pedande atau pendeta,  seluruh pegawai beserta keluarga dan anak didik yang beragama Hindu, hadir menggunakan pakaian adat Bali untuk turut merayakan acara Piodalan tersebut.

Haryoto, Kepala Lapas yang berasal dari Purwokerto ini pun mendukung  terlaksananya setiap upacara adat di Lapas Karang Asem. “Acara ritual yang luhur ini sangat membantu dalam membina anak didik,” ujar Haryoto.  Menurutnya tindakan atau perilaku yang kita lakukan setiap saat, merupakan aktualisasi dari apa yang ada dalam hati. Sehingga dalam melaksanakan pembinaan terhadap anak didik harus selalu didasari ketulusan dan keikhlasan sebagaimana tulus dan ikhlasnya dalam beribadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Mengingat anak didik yang menjadi tanggung jawabnya merupakan amanah dari Tuhan. “Kita diminta untuk tulus ikhlas dalam bekerja,” kata Haryoto kepada pegawai yang hadir di acara tersebut.

Setelah acara peribadatan selesai, dilanjutkan dengan megibung, yaitu makan bersama dalam satu nampan. Ada enam orang duduk mengelilingi dalam setiap nampan untuk makan bersama. Megibung ini hanya terdapat di Kabupaten Karangasem dan tidak terdapat di kabupaten atau kota lainnya.

No comments:

Post a Comment