Wednesday, June 17, 2015

OUTBOUND TAHUN 2015 LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIB ANAK GIANYAR DI KARANGASEM



Amlapura, 17 Juni 2015
Bertempat di Bali Zoo Gianyar – Bali, diselenggarakan Outbound oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Anak Gianyar di Karangasem. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 orang peserta dari jajaran Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Anak Gianyar di Karangasem dihadiri juga oleh keluarga dari masing – masing pegawai, berlangsung dengan meriah walaupun matahari bersinar terik. Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Anak Gianyar di Karangasem, Haryoto, A.Md.IP., S.Sos., mengharapkan dengan diadakannya kegiatan Outbound ini, para pegawai dapat mengurangi kepenatan dan ketegangan selama bekerja sehari – hari. “Selain menghilangkan ketegangan, acara ini dimaksudkan agar terjalin suatu keharmonisan dan mempererat tali silahturahmi antara para pegawai beserta keluarga pegawai dalam jajaran Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Anak Gianyar di Karangasem” imbuh Kalapas.



Kegiatan Outbound ini berlangsung mulai dari pukul 09.00 WITA dipandu oleh 3 orang instruktur yang disediakan pihak Bali Zoo. Setelah briefing sejenak adapun permainan yang diberikan antara lain seperti, membentuk lingkaran dan melakukan beberapa gerakan yang sama bertujuan menguatkan kekompakan antara pegawai. Dilanjutkan dengan memasangkan para pegawai, pada setiap pasang pegawai tersebut diberikan gerakan seperti menyentuhkan lutut dalam keadaan setengah jongkok tapi saling berpegangan tangan guna menjaga keseimbangan pegawai tersebut. Tujuannya adalah mengeratkan kerjasama antar pegawai agar tugas yang dikerjakan efektif dan efesien serta tepat waktu dalam menyelesaikannya. Terakhir, pegawai membentuk 3 kelompok. Masing – masing kelompok diberikan permainan yang bertujuan membuat kekompakan antara pegawai seperti, memindahkan botol ditengah kain lebar dimana para pegawai diharuskan memindahkan botol tersebut dalam keadaan tetap berdiri dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dengan cara memegang ujung disetiap kain. Panasnya terik matahari seakan tidak dirasakan para pegawai yang mengikuti outbound, terbukti dari semangat para pegawai untuk menyelesaiakan tantangan yang diberikan instruktur selama mengikuti kegiatan ini.









Hal menarik terjadi saat acara terakhir Outbound. Setelah makan siang bersama, para pegawai disuguhi acara hiburan berupa tari pergaulan khas bali “Tari Joged Bungbung”. Gelak tawa keceriaan pun pecah dari para pegawai beserta keluarga, saat para pegawai termasuk bapak Kalapas ikut menari bersama para penari yang disebut dengan “Ngibing”. Setelah kegiatan Outbound berakhir tepat pukul 14.00 WITA, para pegawai beserta keluarga mendapatkan kesempatan refreshing dengan berkeliling kebun binatang Bali Zoo. (red)

No comments:

Post a Comment