Tuesday, November 18, 2014

ULTAH LBH DI LAPAS ANAK GIANYAR



Mungkin karena usianya yang masih tergolong anak-anak, sehingga perayaan hari ulang tahunnya dirayakan di Lapas Anak ya, Bu...? Demikian tanya Haryoto, Kalapas Anak Gianyar di Karangasem kepada Direktur LBH Bali, Yustin, yang merayakan ulang tahun organisasinya LBH Bali ke-15 tahun. Baru-baru ini Kamis 13 Nopember 2014 LBH Bali yang dimotori oleh Yustin mengadakan berbagai kegiatan. Diawali dari permainan yang diperlombakan berupa makan kerupuk, balap karung, bawa kelereng dengan sendok dan lari pengantin memeriahkan HUT LBH Bali di Lapas Anak Gianyar.
Yustin, yang memotori LBH memberi motivasi kepada anak-anak agar jangan berkecil hati karena dirinya harus menjalani sebagian masa hidupnya di balik terali besi Lapas Anak. “Masa hidup kalian masih panjang, masih banyak waktu untuk meraih cita-cita. Justru dengan menyadari kesalahan inilah menjadi modal yang kuat untuk berbuat lebih baik di masyarakat. Kami datang jauh-jauh dari Denpasar karena sayang kami pada kalian. Tetaplah membuat prestasi walaupun dari balik pintu besi,” demikian motivasi Yustin.


Rombongan ini terdiri dari 15 orang, datang dari Denpasar ke Karangasem dengan jarak tempuh kurang lebih 2 ( dua ) jam. Memang jauh, namun karena mereka memang juga apresiasi terhadap anak-anak, maka sengaja mereka merayakannya di lapas Anak. Selain memberi motivasi, mereka juga membagikan perlengkapan mandi berupa sabun mandi, odol, sikat gigi.
Kalapas mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam memperhatikan anak-nak yang menjalani pidana di Lapas Anak Gianyar. Beliau mengajak LBH Bali di waktu mendatang juga mengajak NGO / LSM lain yang concent terhadap pembinaan anak. “Bukan hanya ulang tahun, Bu... bila perlu ulang catur wulan atau paling tidak ulang semesterlah,” demikian kata Kalapas.
Ada 16 orang anak didik mengikuti kegiatan dari LBH Bali, karena memang hari itu andik Lapas Anak Gianyar berjumlah 16 anak didik dari kapasitas 34 orang. Diawali dengan perlombaan permainan, membuat suasana menjadi lebih akrab walau agak sedikit panas di lapangan futsal. Begitu antusias mereka memperebutkan hadiah berupa kaus dari LBH. “Saya juara umum, pak. Ada dua hadiah yang saya dapatkan sebagai juara I, saya dapat kaus dua...hahahaha....,” demikian keriangan anak didik R yang tidak lama lagi akan menghirup udara segar karena sudah ditunggu SK PBnya.
Tidak ketinggalan, aksi pentas musik anak-anak juga meramaikan acara ulang tahun LBH. Dengan bangga anak-anak mempertontonkan kebolehannya di depan Yustin dkk. Rombongan dari Denpasar itu terperanjat dan berdecak kagum mendengar alunan musik barat dari anak-anak didik yang begitu fasih. Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur LBH diserahkan kepada Kalapas dan dilanjutkan dengan makan besama anak didik dan petugas Lapas.

No comments:

Post a Comment